Semoga tulisannya bermanfaat ya
Seperti yang kita ketahui,
Aset ada macem-macem,
Mobil, rumah, toko, pabrik, gudang dsb
Kalau mobil nilainya turun terus,
Kalay rumah naik tanahnya, tapi sifatnya konsumtif
Kalau toko, pabrik, dan gudang sifatnya profuktif karena dipakai untuk usaha, sehingga selain nilai tanah tiap tahun naik, dan juga ada pendapatan usaha
Nah selain aset-aset diatas,
Ternyata ada aset yang lebih mahal dan berharga dari aset-aset diatas
Apakah itu?
Brand...merek....
Brand/merek memang tidak memiliki wujud,
Tetapi memiliki dampak yang luar biasa
Contohnya,
Uber dan gojek
Uber dan gojek nda memiliki aset mobil dan sepeda motor nya,
Tenaga nya juga mitra
Tetapi karena mereka isa memanfaatkan teknologi (dan biaya promosi) maka penggunannya banyak
Karena pengguna banyak,
Brand semakin bernilai
Maka nilai brand, brand value nya semakin meningkat
Kalau makanan, seperti bebek sinjay di Madura
Merintis sekitar tahun 2000an,
Sekarang sudah ekspansi ke Surabaya dan Malang
Setiap buka cabang di tempat baru,
Maka tahu, oh ini yang bebek sinjay dari madura ya
Oleh karena itu Brand sangat penting
Pernah tahu iklan nya Harley Davidson?
Walau nda pernah ngiklan,
Kenapa kok bisa ramai?
Karena mereka ada brand community,
Yaitu perkumpulan pecinta brand Harley
Anda nda perlu capek2 dan menghabiskan biaya marketing tiap tahun,
Kalau brand community sudah terbentuk
Memang selain brand yang baik,
Perlu kualitas produk dan service yang baik
Istilahnya kaki kanan produk dan service yang baik,
Kaki kiri brand yang baik
Kalau promosi gencar, brand bagus, tapi nda diikuti product dan service yang baik, tentu akan mengurangi kemungkinan repeat order dan Word of Mouth akan jelek juga
Seseorang juga sadar tidak sadar, memiliki brand. Istilahnya brand personality
Misal ada yang humoris, suka say hello sama temen. Teman-temannya pasti kasih melabeli dia sebagai temen yang mengasyikkan
Dan untuk merubah stigma memngenai seseorang, perlu waktu agak lama, itupun kalau orang tersebut berubah
Misal suka berbohong dan sudah terlanjut dilabeli pembohong. Kalau brand nya sudah jelek. Dan dia sudah insaf, jadi baik. Perlu waktu dan "biaya" buat merubah hal tersebut
Bagaimana menurut anda,
Sudah menyiapkan brand?
No comments:
Post a Comment